Bandara El Tari Kupang Mulai Terapkan Social Distancing

Pihak pengelola Bandara El Tari Kupang mulai memberlakukan Social Distancing di area terminal keberangkatan dan terminal kedatangan, Kamis (19/3/2020)

Penulis: Fransiska Mariana
Editor: Fransiska Mariana
Pos Kupang Travel
Para penumpang tidak lagi duduk bersebelahan di Bandara El Tari setelah diberlakukannya Social Distancing, Kamis (19/3/2020) 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Pihak pengelola Bandara El Tari Kupang mulai memberlakukan Social Distancing di area terminal keberangkatan dan terminal kedatangan, Kamis (19/3/2020). Social distancing yang dimaksud yakni menjaga jarak antara satu penumpang dengan penumpang yang lain.

Pantauan POSKUPANGTRAVEL.COM, para penumpang yang akan ke luar kota mengantre dan berdiri sesuai garis kuning yang telah ditentukan. Kemudian, petugas mengecek suhu tubuh mereka menggunakan termometer tembak sebelum mereka masuk ke dalam terminal. Penumpang yang mengantre di konter-konter check-in pun harus berdiri sesuai garis kuning yang ada.

"Jadi kalau ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat, dia tidak boleh masuk. Nanti akan langsung diarahkan oleh dokter KKP," ungkap Dadang Jaka Ruliawan Shared Services & CSR Manager.

Social distancing juga berlaku di ruang tunggu terminal keberangkatan. Terlihat ada garis kuning bertanda X yang ditempel di kursi-kursi ruang tunggu. Tanda X kuning tersebut ditempel untuk mengatur jarak duduk para penumpang. Tidak ada lagi penumpang yang duduk berdampingan dalam jarak dekat.

Mateus Edu (31), seorang penumpang tujuan Labuan Bajo juga duduk terpisah dengan temannya. Menurutnya, social distancing ini merupakan prosedur bandara untuk mencegah penyebaran virus sehingga ia pun tidak menolak melakukannya.

"Demi kenyamanan kita jadi kita responnya positif," tandasnya.

Jaga jarak antar penumpang juga berlaku di terminal kedatangan. Para penumpang yang mengantre bagasi juga harus berdiri di garis kuning yang ada. Saat melewati pintu keluar, mereka akan melewati alat scan suhu tubuh milik KKP Kupang.

Meski demikian, tidak semua penumpang memahami aturan tersebut. Beberapa penumpang terlihat masih berdiri bersama. Bahkan, ada penumpang yang duduk di kursi bertanda X. Namun, para petugas bandara sigap menjelaskan kepada para penumpang.

"Perlu edukasi orang-orang tentang social distancing. Para petugas membantu menjelaskan tentang apa itu social distancing dan mengapa harus dilakukan. Kami juga melakukan edukasi lewat sosial media," pungkas Dadang.

Selain melalui petugas, informasi agar menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga diberitahukan oleh petugas lewat pengeras suara yang dapat didengar di seluruh area bandara El Tari Kupang. Hand sanitizer juga disiapkan di konter-konter check in dan ruang tunggu bandara.

Laporan Reporter POSKUPANGTRAVEL.COM, Intan Nuka

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved