Gunakan DAK 12 Milyar, Manggarai Barat Siap Bangun Puskesmas Pariwisata

Puskesmas Pacar di Kabupaten Manggarai Barat ditetapkan sebagai puskesmas pariwisata.

Pos Kupang / Gecio Viana
Kadis Kesehatan Kabupaten Mabar, Paulus Mami saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/3/2020). 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Puskesmas Pacar di Kabupaten Manggarai Barat ditetapkan sebagai puskesmas pariwisata. Hal tersebut ditentukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan beberapa kementerian termasuk Kementerian Kesehatan. 

"Pembangunan akan dilakukan pada tahun ini dan luas lahan Puskesmas Pariwisata ini sebesar 50 m × 100 m," ungkap Kadis Kesehatan Kabupaten Mabar, Paulus Mami saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (13/3/2020).

Nantinya, pembangunan diperkirakan dimulai pada Juli 2020 dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Kementerian Kesehatan senilai Rp 12 milyar.

Dana tersebut mencakup alat, fasilitas kesehatan (faskes), dan bangunan.

Puskesmas pariwisata, lanjut Paulus, tidak jauh berbeda dengan puskesmas lainnya yang bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan.

Namun, puskesmas pariwisata memiliki fasilitas penunjang yang berbeda dari puskesmas pada umumnya, yakni adanya tempat rekreasi, tempat ramah anak, spa dan fasilitas penunjang lainnya.

"Kalau pelayanan secara umum, semua orang yang datang baik wisatawan asing dan nusantara akan dilayani secara ramah di sana, sehingga orang mengenal dan nikmati," ujar Paulus.

Paulus juga telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk mendukung puskesmas pariwisata dengan mengembangkan destinasi pariwisata yang berada di sekitar puskesmas pariwisata.

Selain itu, pihaknya telah mengajukan proposal untuk menambah puskesmas pariwisata di Kabupaten Mabar pada 2021 nanti.

"Kami akan ajukan lagi, jadi ada tiga lokasi yakni di Cunca Wulang, Bari dan Warloka atau Rinca. Untuk di Rinca kami tetap koordinasi dengan pihak BTNK, kalau tidak diizinkan maka kami akan bangun di Warloka," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved