Kunjungi Lembata, Tim BOP Labuan Bajo Identifikasi Potensi Wisata dan Infrastruktur Pendukung

Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo mulai mengidentifikasi potensi pariwisata dan infrastruktur pendukung di Kabupaten Lembata.

Editor: Fransiska Mariana
Pos Kupang / Ricko Wawo
Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo usai melakukan pertemuan bersama Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dan para pimpinan OPD di Kantor Bupati Lembata, Senin (2/3/2020) 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo mulai mengidentifikasi potensi pariwisata dan infrastruktur pendukung di Kabupaten Lembata.

Kehadiran lima orang tim BOP ini merupakan bagian dari program Tour de Florata (Flores, Lembata, Alor dan Bima) untuk berkenalan dengan pemerintah daerah yang ada di bawah kawasan koordinatif BOP Labuan Bajo yang tersebar di 11 kabupaten.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina saat diwawancarai wartawan di Kantor Bupati Lembata, Senin (2/3/2020).

Tujuan kedatangan mereka juga untuk mengetahui program pemerintah setempat yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata sehingga bisa mendukung Labuan Bajo Flores sebagai destinasi wisata super prioritas.

"Kami juga mau tahu dari pemerintah daerah, kira-kira apa yang mau diunggulkan, kemudian kami bisa melihat potret pariwisata Lembata seperti apa," ujar Shana.

Setelah identifikasi dilakukan, BOP Labuan Bajo akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk memperkuat program-program pengembangan pariwisata yang ada di Lembata. Misalnya, untuk memperkuat atraksi budayanya, penambahan fasilitas wisata, dan juga promosi pariwisata di Lembata.

"Semuanya akan kita lihat, kemudian yang paling penting itu peningkatan SDM, misalnya pelatihan dan sertifikasi," jelasnya.

Selain itu, Shana juga berharap Kabupaten Lembata bisa menyumbang komoditi unggulan seperti ikan, sayur-sayuran, dan komoditi pertanian untuk mendukung industri pariwisata Labuan Bajo.

Tujuannya agar semua sektor bisa mendapatkan manfaat dari pariwisata Labuan Bajo, bukan hanya orang-orang yang bersentuhan langsung saja.

Di samping itu, BOP Labuan Bajo juga akan mengindentifikasi produk-produk ekonomi kreatif di Lembata yang punya potensi dikembangkan lebih luas secara nasional dan internasional.

"Kami juga ingin memperkenalkan Lembata sebagai bagian dari pariwisata otentik yang memberikan pengalaman luar biasa yang kita sebut pengalaman premium," tandas Shana.

Tim BOP Labuan Bajo tiba di Lembata sejak Senin kemarin dan langsung melakukan tatap muka bersama Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dan para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Lembata.

Mereka akan berada di Lembata selama empat hari dan mengunjungi destinasi wisata unggulan di Lembata seperti Lewolein, Teluk Nuhanera, Hadakewa, Lamalera, Mingar, Bukit Cinta dan Bukit Doa. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved