Koramil Borong Tanam Mangrove untuk Cegah Abrasi

Personel Koramil Borong melakukan aksi penanaman mangrove di Pantai Mabaruju, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Matim, Jumat (28/2/2020)

ISTIMEWA
Penanaman mangrove di Pantai Mabaruju, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Matim sebagai langkah antisipasi mencegah adanya abrasi. 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Personel Koramil Borong bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Masyarakat Manggarai Timur (Matim) melakukan aksi penanaman mangrove di Pantai Mabaruju, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Matim, Jumat (28/2/2020) pagi.

Penanaman mangrove yang diprakarsai oleh Pemkab Matim ini merupakan langkah antisipasi mencegah adanya abrasi.

Jumlah mangrove yang berhasil ditanam sebanyak 3000 bibit mangrove secara massal.

Wakil Bupati Matim Drs. Jaghur Stefanus saat mengikuti kegiatan penanaman mangrove mengatakan, mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai aspek di antaranya fisik, ekologi, dan ekonomi.

Dari aspek fisik, mangrove mempunyai akar yang banyak dan batangnya kokoh sehingga mampu mencegah gelombang tsunami, ombak, dan abrasi air laut.

"Dari aspek ekologi, mangrove berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur dan menyerap polutan dari udara. Bahkan, mangrove dapat menyerap emisi karbon 4-5 kali lebih besar daripada hutan di daratan," jelasnya.

Dengan demikian keberadaan hutan mangrove, tegasnya, sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Mangrove juga berfungsi sebagai habitat, tempat hidup, dan berkembang biak bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lain.

Sedangkan dari aspek ekonomi, lanjut Wabup Jaghur, mangrove dapat menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah/biji untuk dibuat berbagai panganan serta minuman.

Selain itu, kulit pohon mangrove sangat baik untuk bahan baku pewarna. Keberadaan hutan mangrove juga berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi tempat wisata alam.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan agar semua pihak bisa merawat tanaman mangrove yang sudah ditanam.

"Mungkin hasilnya bukan kita yang menikmati, melainkan anak cucu kita. Mari kita rawat bersama tanaman mangrove di Pantai Mabaruju ini agar alam kita tetap lestari," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut Camat Kota Komba, Danramil 1612-04/Borong beserta anggota, Kapolsek Kota Komba, Lurah Watu Nggene, siswa SMAN 1 Borong serta warga Kelurahan Watu Nggene. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved