Kunjungan Wisatawan ke Pulau Sumba Meningkat

Jumlah wisman dan wisnus yang berkunjung ke Pulau Sumba khususnya Sumba Timur meningkat secara signifikan sejak empat tahun terakhir.

Pos Kupang/Robert Ropo
Para pengunjung saat berada di puncak bukit Purukambera 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Jumlah wisatawan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke Pulau Sumba, khususnya Sumba Timur untuk menikmati keindahan alam eksotik Sumba meningkat secara signifikan sejak empat tahun terakhir.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Sumba Timur Yudi Umbu T. T. Rawambaku kepada POS-KUPANG. COM, Senin (3/2/2020), jumlah wisman pada tahun 2016 mencapai 3.212 jiwa, sedangkan wisnus mencapai 28.406 jiwa.

Pada tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat, dimana jumlah wisman yang berkunjung mencapai 3.809 jiwa, sedangkan wisnus sebanyak 29.462 jiwa.

Jumlah wisatawan ini mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2018, dimana jumlah wisman mencapai 4.021 jiwa dan wisnus 30.118 jiwa.

Kemudian, jumlah ini kembali meningkat pada tahun 2019 karena wisman mencapai 5.386 jiwa dan wisnus 33.124 jiwa.

Yudi menambahkan, rata-rata lama tinggal (lenght of stay) wisman dan wisnus setiap tahun sekitar dua hari dengan expenditure Rp550.000 per hari.

Sementara itu, negara asal wisman yang paling banyak mengunjungi Sumba yaitu Perancis, Australia, Belanda.

Lokasi wisata yang sering dikunjungi yakni Pantai Walakiri, Bukit Purukambera, dan sejumlah spot wisata lain di Sumba Timur. (*)

Ikuti kami di
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved