Bukit Cinta Penfui Penuh Sampah, Komunitas Potret Gelar Aksi Bersih Sampah

Komunitas Potret menggelar aksi bersih sampah di salah satu lokasi foto yang menarik yakni di Bukit Cinta

ISTIMEWA
Suasana aksi membersihkan sampah di Bukit Cinta Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang, Sabtu (1/2/2020). Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Peduli Lingkungan, Komunitas Potret Bersihkan Sampah di Bukit Cinta Penfui 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Bukit Cinta yang terletak di Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang merupakan salah satu lokasi menarik untuk foto atau duduk santai menanti matahari terbenam.

Namun, banyak sampah ditemukan di lokasi tersebut.

Hal tersebut membuat sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Potret menggelar aksi bersih sampah pada Sabtu (1/2/2020).

Mereka juga membersihkan sampah di area penghijauan Penfui sejak pukul 15.00 WITA.

Komunitas Potret  beranggotakan mahasiswa asal Manggarai yang tengah menempuh pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang.

Mereka mengumpulkan tumpukan sampah rumah tangga dan sampah lainnya dan memasukkan sampah tersebut ke dalam karung dan kantong plastik berukuran besar.

Selanjutnya, sampah tersebut diangkut menggunakan pikap ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di depan Pasar Penfui, Kota Kupang.

Koordinator kegiatan, Agustinus Karius Yosi mengatakan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami telah bersih tuntas, karena yang kami lihat selama ini ada beberapa kaum yang peduli sampah di tempat ini, hanya melaksanakan pungut sampah dan dikumpulkan di tempat ini, tetapi tidak diangkut ke TPS. Hal ini dilakukan agar memudahkan petugas kebersihan Kota Kupang dalam proses pengangkutan," katanya dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM, Minggu (2/2/2020).

"Ini adalah bentuk tindakan nyata kami sebagai calon tenaga kesehatan masyarakat untuk membangun perhatian serta kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan karena 'dibalik badan yang sehat, ada lingkungan yang bersih'," jelasnya.

Sementara itu, seorang peserta kegiatan Elisa Vanti berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

"Saya juga berharap kedepannya partisipasi dari pemerintah setempat agar memberikan sangsi yang tegas bagi mereka yang membuang sampah secara sembarangan di daerah tersebut," tandasnya. (*)

Ikuti kami di
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved