Jumlah Kunjungan Wisatawan Asing di Danau Kelimutu Menurun

Julmah Kunjungan wisatawan asing ke Danau Kelimutu mengalami penurunan pada tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2018

Editor: Fransiska Mariana
Pos Kupang/Istimewa
Danau Kelimutu 

POSKUPANGTRAVEL.COM - "Jumlah kunjungan wisatawan asing ke Danau Kelimutu mengalami penurunan pada tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2018."

Hal tersebut diungkapkan Kepala Tata Usaha Taman Nasional Kelimutu (TNK) Joko Waluyo kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (15/1/2020) di Ende.

Joko merincikan bahwa pada tahun 2019 tercatat sebanyak 86.349 orang yang mengunjungi Danau Kelimutu dengan perincian wisatawan mancanegara sebanyak 15.255 orang dan wisatawan lokal sebanyak 71.184 orang.

Jumlah tersebut, lanjut Joko, mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2018 karena di tahun tersebut jumlah kunjungan tercatat sebanyak 91.219 dengan perincian wistawan mancanegara sebanyak 17 ribuan dan wisatawan lokal sebanyak 73 ribuan.

Joko mengatakan, penyebab terjadinya penurunan kunjungan wistawan ke Kelimutu terutama wisatawan mancanegara di tahun 2019 disebabkan oleh kondisi transportasi udara yang tidak seramai di tahun 2018.

“Kalau di tahun 2018 maskapai penerbangan yang datang dari Bali ke Ende masih ada seperti Pesawat Garuda. Namun, di tahun 2019 tidak ada lagi sehingga menurunkan animo wistawan asing untuk meneruskan perjalanan mereka dari Bali menuju Ende," terang Joko.

Joko berharap di tahun 2020 ini sudah ada jalur penerbangan langsung dari Bali menuju Ende sehingga memungkinkan para wisatawan asing untuk datang ke Ende.

Kunjungan wisatawan ke Danau Kelimutu berdasarkan waktu kunjungan pun berbeda antara wistawan asing dan lokal.

Menurut Joko, umumnya wisatawan asing datang ke Kelimutu dilakukan di Bulan Agustus, sedangkan wisatawan lokal pada bulan Juni dan Juli.

Hal tersebut berkaitan dengan liburan anak sekolah yang jatuh pada bulan-bulan tersebut.

Fenomena kunjungan wisatawan lokal juga terbanyak terjadi pada hari libur nasional maupun keagamaan seperti natal, tahun baru, dan lebaran. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved