Yuk Lihat 6 Taman Yang Diperindah oleh Pemkot Kota Kupang!

Pemerintah Kota Kupang di bawah kepemimpinan Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man merevitalisasi sebanyak enam taman di Kota Kupang

zoom-inlihat foto Yuk Lihat 6 Taman Yang Diperindah oleh Pemkot Kota Kupang!
PosKupangTravel
Suasana di Taman Tirosa, Jumat (10/1/2020)

POSKUPANGTRAVEL.COM - Pemerintah Kota Kupang di bawah kepemimpinan Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man merevitalisasi sebanyak enam taman di Ibu Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2019 lalu.

Enam taman yang direvitalisasi antara lain, Taman Adipura di Jalan Adisucipto, Taman Patung Kasih di perempatan Jalan Piet Tallo dan Jalan Herman Johannes, Taman Patung Sonba’i di Jalan Urip Sumohardjo, Taman Tagepe di Jalan Sam ratulangi, Alun-alun Kota di Jalan Timor Raya, dan Taman Patung Tirosa yang direvitalisasi sejak tahun 2018.

Taman-taman yang direvitalisasi memuat tema yang berbeda dan memiliki kekhasan masing-masing. Jefri mengakui dari enam taman tersebut ada beberapa yang belum selesai dan akan dirampungkan pada tahun 2020 ini, diantaranya taman Patung Tirosa, Taman Tagepe, dan Alun-alun Kota.

1. Taman Adipura

Siapapun yang berkunjung ke Kota Kupang melalui jalur udara akan melihat Taman Adipura. Taman ini terletaknya di Jl. Adisucipto, Penfui, tidak jauh dari Bandara El Tari Kupang. Kekhasan Taman ini yakni tugu Adipura.

Tugu Adipura dibangun pada tahun 1995 untuk mengenang Kota Administratif Kupang yang saat itu meraih piala Adipura. Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Bertahun-tahun taman ini tidak dirawat dengan baik, sehingga taman Adipura dipilih untuk direvitalisasi menjadi lebih menarik dan indah.

2. Taman Patung Kasih

Tidak jauh dari taman Adipura, ada taman Patung Kasih. Taman ini berlokasi di perempatan Jalan Piet Tallo dan Jalan Herman Johannes.

Ada beberapa hal menarik di taman ini yakni tulisan dalam bahasa Timor 'Uis Neno Nokan Kit' yang berarti Tuhan memberkati kita.

Selain itu, ada patung tangan yang terbuka melepas seekor merpati dan enam patung manusia masing-masing melepas satu ekor merpati.

Tulisan Uis Neno Nokan Kit dari bahasa Timor mengingatkan bahwa Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini berada di tanah Timor.

Selain itu tulisan ini merupakan doa terutama bagi yang datang berkunjung ke Kota Kupang bahwa Tuhan menyertai mereka selama berada di Kota Kupang.

Patung tangan terbuka melepas burung merpati menegaskan bahwa Kota Kupang adalah Kota Kasih dan ajakan kepada semua untuk saling berbagi kasih.

Sementara enam patung manusia yang mengitari patung tangan terbuka merupakan enam suku besar di NTT yakni Sabu, Rote, Alor, Sumba, Flores dan Timor.

3. Patung Tirosa

Setelah melewati jembatan Liliba, salah satu jembatan besar di Kota Kupang, pengunjung akan langsung melihat Patung Tirosa. Tirosa ialah akronim dari Timor-Rote-Sabu.

Patung Tirosa tersebut merupakan monumen pengingat persatuan tiga wilayah yang membentuk Kabupaten Kupang tempo dahulu (Kupang di Timor, Pulau Rote, dan Pulau Sabu).

Taman Tirosa, Ruang Terbuka Hijau Yang Digandrungi Kawula Muda

Sosok-sosok patung tersebut adalah tokoh dari tiga wilayah tersebut yakni Prof. Dr. Herman Johannes (Rote) yang sedang memegang obor, El Tari (Sabu) gubernur pertama NTT yang memegang anakan, dan Hendrik Arnold Koroh (Kupang) yang memegang cangkul.

Jefri menjelaskan sebelumnya Taman Tirosa kumuh dan tak tertata.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved