Wisatawan Asing Senang Souvenir Khas Nagekeo, HPI Harap Masyarakat Jaga Warisan Budaya

Sejumlah wisatawan asing mengaku senang bisa mendapatkan oleh-oleh atau souvenir khas Nagekeo.

Pos Kupang/Gordi Donofan
Wisatawan asing saat mendapatkan souvenir khas Nagekeo 

POSKUPANGTRAVEL.COM - Sejumlah wisatawan asing mengaku senang bisa mendapatkan oleh-oleh atau souvenir khas Nagekeo.

Mereka mendapatkan souvenir khas Nagekeo seperti tas anyaman (bere), selempang khas Nagekeo berwarna hitam kuning keemasan, dan beberapa jenis souvenir lain.

Hanya Lewat Lagu, Susi Pudjiastuti Akhirnya Liburan di Maumere

Pemandu wisata atau guide selalu mempromosikan hasil karya masyarakat Nagekeo untuk dikenal di luar negeri lewat wisatawan yang berkunjung ke sana.

Michel Avisse, seorang wisatawan asing yang berkunjung ke Nagekeo mengaku senang dengan souvenir khas Nagekeo berupa Soo Bae.

Pria yang berprofesi sebagai dokter umum dan tinggal di kota Paris ini mengungkapkan akan menggunakan Soo Bae saat bertemu dengan teman-temannya.

"Saya akan simpan hp, rokok, dan peralatan lainya. Saya akan tampil beda dengan Soo Bae, karena tidak banyak yang memiliki souvenir dari Nagekeo di kota Paris," jelas Ketua HPI Nagekeo Yohanes Niku saat menerjemahkan cerita sejumlah wisatawan asing kepada POS-KUPANG.COM di Mbay, Selasa (7/1/2020).

Pria yang akrab disapa Jhon ini mengungkapkan, wisatawan senang berburu souvenir khas Flore karena unik dan menarik.

Bahkan, wisatawan menyukainya karena semua bahan dasar pembuatan souvenir diperoleh dari alam.

Jhon menambahkan, wisatawan asing sangat mengapresiasi upaya orang Flores untuk melestarikan alam, adat, dan budaya daerah sehingga mereka terpukau dengan budaya tersebut.

Ia pun berharap, masyarakat Nagekeo tetap berkarya dan tidak cepat putus asa untuk merawat kebudayaan atau warisan yang sudah turun-temurun.

"Budaya menenun harus tetap dijaga. Itu adalah sebuah keindahan dan kekhasan yang nilainya sangat besar. Mari kita lestarikan itu. Kami bantu promosi," tegas Jhon. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved