Longsor di Lembata, Warga Diimbau Waspada

Longsor terjadi di ruas jalan Desa Lamawolo-Lewoleba, Kabupaten Lembata. Warga pun diimbau untuk waspada saat melintas di ruas jalan tersebut.

Editor: Fransiska Mariana
Pos Kupang/Istimewa
Bebatuan besar yang mengalami longsoran dari sisi tebing dan menutupi ruas jalan Lamawolo-Lewoleba Kabupaten Lembata, Kamis (2/1/2020). Lokasi kini sudah disterilkan oleh Tim Siaga Bencana Desa Lamawolo. 

POSKUPANGTRAVEL.COM, KUPANG - Bebatuan besar jatuh dari atas tebing di ruas jalan Desa Lamawolo-Lewoleba Kabupaten Lembata.

Warga diimbau selalu waspada melintasi ruas jalan tersebut karena bebatuan memang sering menggelinding dari tebing menutupi ruas jalan raya pada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau gempa bumi.

Para pengendara kendaraan bermotor pun bisa menjadi korban apabila tidak berhati-hati saat melintas.

Kejadian bebatuan runtuh dari tebing ini pun kembali terjadi pada Kamis (2/1/2020) pagi.

Teddy, warga Desa Lamawolo, Kecamatan Ile Ape Timur, menginformasikan longsoran bebatuan dari tebing itu sempat menutupi ruas jalan Lamawolo-Lewoleba pada Kamis pagi.

Menurutnya, longsoran itu diduga terjadi pada Rabu malam harinya saat hujan lebat mengguyur lokasi yang dimaksud.

Kejadian longsoran bebatuan ini, kata dia, bukan kali pertamanya terjadi.

Meski belum menimbulkan korban, dia sangat berharap masyarakat yang melintas selalu waspada.

Ketua Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Lembata, Andris Koban saat dikonfirmasi menyebutkan, Tim Siaga Bencana (TSB) Desa Lamawolo sudah melakukan pembersihan lokasi pada Kamis pagi.

"Kejadian tadi malam, akibat hujan yang cukup lama, sehingga menyebabkan pelembutan terhadap tanah, sehingga daya pengikatannya kurang bagi batu yang berada di sisi miring arah ke jalan raya," ungkap Andris, Kamis (2/1/2020).

Dia berharap para pengguna jalan agar tetap waspada ketika melewati jalan tersebut, terutama pada malam hari. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved