6 Kuliner Ekstrem Gunungkidul, Berani Coba Makan Belalang Goreng?

Ada beragam kuliner di Gunungkidul Jogja lainnya seperti gatot, puthul, sego abang hingga oseng bunga pepaya yang juga tak kalah menarik.

Editor: Kurnia Yustiana
Instagram/dnv_cake_n_bakery
Belalang goreng dari Gunungkidul 

TRIBUNTRAVEL.COM - Beragam pilihan kuliner ekstrem dari Gunungkidul yang bisa kamu cicipi ketika sedang liburan ke kawasan Gunungkidul, Jogjakarta.

Berlibur ke Gunungkidul, kamu bisa menemukan beragam kuliner, mulai dari dengan cita rasa enak hingga kuliner ekstrem bisa kamu coba cicipi.

Salah satu kuliner Gunungkidul yang ekstrem adalah walang goreng atau belalang goreng yang bisa kamu temukan dengan mudah di pinggiran jalan sepanjang Gunungkidul.

Selain itu masih ada beragam kuliner di Gunungkidul Jogja lainnya seperti gatot, puthul, sego abang hingga oseng bunga pepaya yang juga tak kalah menarik.

Dilansir dari berbagai sumber, TribunTravel merangkum 6 kuliner Gunungkidul yang bisa kamu coba santap ketika liburan ke Jogja.

1. Walang Goreng

Di pinggir jalan di Gunungkidul, kamu akan menemukan dengan mudah walang goreng atau belalang goreng, satu kuliner yang cukup ekstrem di Gunungkidul.

TONTON JUGA


Bila di daerah lain belalang menjadi hama, di Gunungkidul belalang menjadi satu kuliner yang sering dijadikan lauk yang lezat.

Belalang dikenal mempunyai tingkat protein yang tinggi seperti sea food, sehingga orang yang mempunyai alergi sebaiknya menghindari mengkonsumsi belalang goreng.

6 Tempat Wisata di Jogja yang Tawarkan Keindahan Arsitektur, Asyik untuk Berburu Foto Instagramable

7 Tempat Makan Siang Murah di Jogja, Cocok untuk Mahasiswa

2. Gatot Gunungkidul

Gatot merupakan camilan khas yang bisa kamu temukan di pasar tradisional di Gunungkidul.

Kuliner ini terbuat dari singkong yang dikupas lalu dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Setelah kering, ubi tersebut direndam selama 12 jam dan selanjutnya dikukus selama 2 jam.

Biasanya sajian gatot disajikan ketika masih hangat ditambahkan kelapa parut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

3. Puthul Goreng

Selain belalang goreng, Gunungkidul juga mempunyai kuliner ekstrem lainnya yakni puthul goreng.

Puthul merupakan sejenis kumbang yang sering ditemukan di dedaunan awal musim penghujan.

Awalnya larva puthul ini diburu oleh warga Gunungkidul karena menjadi hama yang merusak tanaman, namun kemudian puthil diolah dan dijadikan lauk.

4. Sego Abang

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved